Konsep Dasar Manajemen dalam Keperawatan

Lingkungan pelayanan kesehatan saat ini telah memberikan peluang pada tenaga keperawatan untuk memperoleh status profesional dengan cara proaktif berespons terhadap kebutuhan perubahan dan harapan masyarakat. Sebagai kelompok pemberi pelayanan kesehatan terbesar, profesi tersebut telah diposisikan untuk mempengaruhi, bukan hanya perkembangan sistem, tetapi bagaimana praktik harus dibentuk dengan mengubah tatanan pelayanan kesehatan. Proses yang timbal balik tersebut tentu saja akan mempengaruhi setiap aspek praktik profesional dan sangat bergantung pada proses kepemimpinan keperawatan yang terjadi.

Organisasi kesehatan ditetapkan disetiap tatanan pelayanan dan bertujuan membantu mengorganisasikan berbagai kegiatan yang mengarah pada pencapaian tujuan institusi dengan penerapan struktur organisasinya. Fungsi organisasi pelayanan kesehatan ini adalah mengakomodasi berbagai kegiatan dan mengorganisasikan para pelaku organisasi didalamnya. Hal ini berlaku pula pada tenaga keperawatan yang dituntut untuk bekerja secara sinergis dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya (Rocchiccioli dan Tilbury, 1998). Keberadaan organisasi dalam tatanan pelayanan kesehatan akan mempengaruhi motivasi dan kinerja, terutama tenaga keperawatan, yang sebaliknya dipengaruhi oleh ada tidaknya penghargaan terhadap eksistensi para tenaga kesehatan dari penanggungjawab sistem atau pimpinan institusi yang dituangkan ke dalam struktur organisasi.

Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional yang menjadi bagian integral dari pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan. Pelayanan yang diberikan berbentuk pelayanan biopsikososial-spiritual yang komprehensif yang ditujukan pada individu, keluarga, dan masyarakat, baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. Berdasarkan pengertian ini, keperawatan termasuk ke dalam organisasi pelayanan kesehatan, yang tentunya senantiasa terlibat dalam penerapan manajemen dalam pencapaian tujuan keperawatan.

Manajemen diartikan secara singkat sebagai proses untuk melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain. Dengan demikian, manajemen keperawatan berarti proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan, dan rasa aman kepada pasien/keluarga/masyarakat (Gillies, 1999). Oleh karena itu, semua perawat yang terlibat dalam manajemen dianggap perlu memahami misi, filosofi, dan tujuan pelayanan keperawatan serta kerangka konsep kerja.

Manajemen keperawatan mempunyai lingkup manajemen operasional yang merencanakan, mengatur, dan menggerakkan para perawat untuk memberikan pelayanan keperawatan yang sebaik-baiknya kepada pasien melalui manajemen asuhan keperawatan. Untuk memberikan pelayanan keperawatan dengan sebaik-baiknya kepada pasien, diperlukan suatu standar yang akan digunakan baik sebagai target maupun alat pengontrol pelayanan tersebut.

Manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan keperawatan yang efektif dan efisien. Efektif adalah mengerjakan pekerjaan keperawatan yang benar (doing the right things), sedangkan efisien adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar (doing things right). Manajemen diperlukan untuk memungkinkan kegiatan keperawatan berjalan secara efektif dan efisien.

Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan keperawatan secara efektif dan efisien, manajemen dalam keperawatan perlu dijelaskan berdasarkan fungsinya atau dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen (managerial functions). Fungsi tersebut mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.

Manajemen keperawatan merupakan tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, serta mengawasi sumber-sumber yang ada baik sumber daya maupun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif kepada pasien, keluarga, dan masyarakat berdasarkan kerangka pikir keperawatan.


Catatan ini dibuat dalam keadaan rindu kuliah Dr. drg. Julita.

Referensi: Simamora, R.H., 2012, Manajemen Keperawatan, EGC, Jakarta.

Comments

Popular posts from this blog

Review Laser CO2 (Tahi Lalat)

Review Diamond Peel Treatment

Pengalaman Saya di Rekrutmen Nestle Indonesia